RAIH JUARA 2, Mahasiswa STIKes Respati berhasil pukau juri pada gelaran Garut Tangguh Awards 2023

Humas- STIKes Respati. Mahasiswa STIKes Respati berhasil meraih juara 2 pada gelaran Garut Tangguh Awards 2023, dengan membuat iklan layanan masyarakat tentang “TAS SIAGA BENCANA”.



Indonesia merupakan salah satu negara yang berisiko tinggi mengalami bencana alam. Mengapa? Karena secara geografis Indonesia terletak diantara dua benua dan dua samudra serta berada di lintasan garis khatulistiwa dan cincin api.

Pengurangan resiko bencana merupakan tanggungjawab bersama bukan hanya pemerintah atau pihak yang berwenang saja tetapi juga masyarakat yang harus sigap dalam menghadapi ancaman bencana.

Berdasarkan kondisi tersebut, masyarakat dituntut untuk selalu waspada dengan ancaman bencana yang bisa terjadi kapan saja. Ada banyak hal yang dapat dilakukan sebagai wujud dari kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana antara lain :
1. Melakukan pencegahan terhadap suatu bencana
2. Membekali diri dengan pengetahuan tentang Pertolongan Pertama Pada Kegawatdaruratan
3. Menyiapkan tas siaga bencana.




Tas siaga bencana merupakan tas yang disipakan untuk berjaga-jaga apabila terjadi bencana atau kondisi darurat lainnya. Tas ini bertujuan untuk membantu masyarakat bertahan hidup sebelum adanya bantuan. Tas yang digunakan sebagai tas siaga bencana berupa tas ransel yang menggunakan bahan yang bersifat waterproof dan mampu menopang kebutuhan selama kurang lebih 3 hari. Ungkap Nadya S.W. mahasiwa S-1 Kesehatan Masyarakat STIKes Respati saat di wawancara.


acara ini merupakan salah satu rangkaian dalam Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia, yang diadakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan menggelar acara bergengsi, yaitu Garut Tangguh Awards (GTA) 2023.