Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Gelar Seminar hasil kegiatan PBLT 1 Desa Cikunir 2023


Humas - Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Respati gelar kegiatan seminar hasil Pengalaman Belajar Lapangan Terintegrasi PBLT 1 di Aula Kantor Desa Cikunir pada tanggal 18 Agustus 2023.




Kegiatan ini dihadiri oleh Caca Hermawan.,S.Sos Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial yang mewakili Camat Singaparna, Kepala Desa Cikunir H. Ibin Arifin, Kepala Puskesmas Singaparna Ciptadi, SKM dan tokoh masyarakat yang berasal dari Desa Cikunir pada umumnya serta perangkat pemerintah Desa maupun Kecamatan.

PBLT merupakan kegiatan mahasiswa dalam menerapkan teori yang didapatkan di kampus kepada masyarakat. PBL yang dilakukan di Desa Cikunir Kecamatan Singaparna merupakan kegiatan yang berkelanjutan sampai beberapa tahapan. Pada PBL 1 ini merupakan tahap perkenalan sekaligus pengidentifikasian masalah kesehatan. 


“Kegiatan PBL 1 yang singkat ini masih jauh dari ekspektasi masyarakat untuk mengatasi persoalan tersebut, namun dengan kehadiran mahasiswa diharapkan menjadi pembuka "keran" agar partisipasi masyarakat semakin meningkat dalam mengatasi masalah kesehatan”. Ungkap H. Ibin Arifin selaku Kepala Desa Cikunir.

Seminar hasil Kegiatan tingkat Desa yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan hasil temuan berdasarkan wawancara langsung di masyarakat dengan mengambil beberapa sampel, hasil wawancara tersebut kemudian dipaparkan kepada masyarakat dan tokoh masyarakat serta pemerintah setempat.