PPK ORMAWA SAPAR STIKES RESPATI, GELAR PELATIHAN PEMANDU WISATA DAN K3.

 



Pelatihan pemandu wisata dan kesehatan, keselamatan kerja merupakan program kerja pertama Tim Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) SAPAR Sahabat Pencinta Alam Respati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Respati tahun 2023. 

Dicetuskannya program kerja ini didasarkan hasil dari diskusi dengan Perangkat Desa Mandalagiri, dan didapat beberapa permasalahan sebagai berikut diantaranya : Minimnya kemampuan untuk berbicara di depan umum sebagai pemandu wisata, terbatasnya contoh dan model bagi masyarakat untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, dan perasaan kurang percaya diri dari pemandu, juga untuk memberikan pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan.

                      

Program kerja ini hadir sebagai upaya sekaligus solusi nyata untuk memberikan pelatihan public speaking dan K3 dengan sasaran Pemuda Pemudi Desa Mandalagiri. Tidak hanya itu, Tim PPK Ormawa SAPAR STIKes Respati  juga berkoordinasi dengan Lembaga Kopdarwis, RT/RW, Desa Mandalagiri untuk membantu mensukseskan program kerja ini dengan ikut serta turut hadir dalam.


                                     

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2023 yang bertempat di Balai Desa Mandalagiri., yang dihadiri oleh Ibu Chantie Yulianie, S.ST., M.Kes selaku Dosen Pendamping Tim PPK Ormawa Sapar STIKes Respati periode 2023, Bapak Dadih Leo selaku Kepala Desa Manalagiri, dan Khobir selaku Ketua KOPDARWIS (Kelompok Sadar Wisata. Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini turut dihadiri oleh para tamu undangan dari pihak desa baik dari Pemerintah Desa, Lembaga Desa, organisasi karang taruna, dan masyarakat desa dengan total keseluruhan 30 peserta.








Meskipun diadakan selama satu hari  diharapkan peserta memiliki bekal keterampilan dasar dalam public speaking, pemahaman mengenai sejarah Desa Mandalagiri, dan keterampilan pertolongan pertama pada kecelakaan sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum dan nilai tambah yang menjual ketika masuk dalam dunia kerja sebagai pemandu wisata.(Fy)