STIKes Respati Kukuhkan Wisudawan S-1 Kesehatan Masyarakat dan D-III Kebidanan T.A 2022/2023


Selasa 24 Oktober 2023, Dalam sambutannya, Ketua STIKes Respati Dr. Lilis Lisnawati, S.ST.,M.Keb Menyampaikan  Kepada seluruh wisudawan, Ucapan selamat atas keberhasilan Saudara menyelesaikan studi di STIKes RESPATI, almamater tercinta. Saya berharap Saudara dapat terus berkarya, mengisi kehidupan Saudara dengan ‘belajar sepanjang hayat’, belajar menyikapi masalah dengan berpikir ‘melampaui kotak’, senantiasa meningkatkan semangat kepemimpinan serta memperkuat solidaritas, dengan adab yang baik, demi memberikan sumbangsih yang nyata bagi bangsa dan negara Indonesia.

Izinkan pada kesempatan ini, untuk Kami menyampaikan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan putra-putrinya guna menempuh pendidikan di STIKes RESPATI.

 

Era disrupsi merupakan nama lain dari Revolusi Industri 4.0, suatu kondisi yang saat ini kita nikmati dan tidak bisa kita pungkiri, bahwa teknologi memegang peranan yang sangat besar dalam kelangsungan peradaban manusia zaman sekarang.

Berawal dari revolusi industri di Inggris pada abad ke-19, teknologi telah mengubah bagaimana manusia melakukan pekerjaannya. Dari yang awalnya, semua pekerjaan murni dilakukan dengan tenaga dan memakan waktu yang lama, kini teknologi mengubah pekerjaan apapun…… menjadi lebih praktis dan efisien.

Apapun dapat kita lakukan hanya dengan suara, sentuhan, atau gerakan. Salah satu inovasi jenius yang turun dari terciptanya teknologi adalah artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

 

AI adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penangkapan, pemodelan, dan penyimpanan kecerdasan manusia dalam sebuah sistem teknologi informasi sehingga sistem tersebut dapat memfasilitasi proses pengambilan keputusan yang biasanya dilakukan oleh manusia. AI bukanlah suatu program, melainkan suatu bidang ilmu pengetahuan yang terdiri atas disiplin ilmu lainnya, yaitu machine learningdeep learningneural networkcognitive computing, natural language processing, serta computer vision (CSU Global, 2021).

 

Kemampuannya yang luar biasa menjadikan AI kerap diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan guna mempermudah pekerjaan manusia dan mengurangi waktu. Salah satu bidang yang telah dibantu dengan adanya AI adalah bidang kesehatan.

Bahkan, menurut Gartner, 38% penyedia layanan kesehatan memanfaatkan teknologi AI sebagai penunjang diagnostik (Jovanovic, 2022). Namun, di balik semua keuntungan ini, terdapat potensi bahaya yang tidak boleh diabaikan.

Pertama, Kecerdasan Buatan yang Mandiri (Autonomous AI), bahwa AI dapat mengambil keputusan tanpa campur tangan manusia, Ketidakmampuan manusia untuk mengendalikan AI dapat menyebabkan konsekuensi yang tak terduga dan bahkan berbahaya jika hal-hal berjalan tidak sesuai rencana.

Kedua, Pengangguran Massal dan Disparitas Sosial, bahwa penggunaan AI dalam proses produksi dan layanan dapat menggantikan pekerjaan manusia.

Ketiga, Pelanggaran Privasi, bahwa AI mengumpulkan dan menganalisis data secara besar-besaran untuk menghasilkan informasi akurat, penggunaan data ini juga membuka potensi untuk pelanggaran privasi.

Keempat, Bias dan Diskriminasi, bahwa AI cenderung mengambil keputusan berdasarkan data pelatihan, Jika data tersebut memiliki bias atau diskriminasi yang ada di masyarakat, maka AI juga akan mencerminkan bias dalam keputusan dan tindakannya. Hal ini bisa menyebabkan diskriminasi sistemik dalam berbagai sektor.

Kelima, Keamanan Cyber dan Ancaman Militan, bahwa AI dapat digunakan oleh pihak-pihak jahat untuk mengembangkan serangan siber yang lebih canggih dan merusak. Dengan kecerdasan buatan, serangan siber bisa lebih sulit dideteksi dan dipertahankan

 Dengan demikian, penting bagi masyarakat dan pembuat kebijakan untuk memahami dan menghadapi bahaya AI dengan bijaksana untuk menciptakan dunia yang aman dan berkelanjutan,…… memastikan bahwa kecerdasan buatan dapat dikembangkan dan digunakan dengan bertanggung jawab.

Regulasi yang baik, transparansi, dan kesadaran akan pentingnya etika dalam pengembangan AI akan menjadi kunci untuk menghadapi tantangan masa depan yang dihadirkan oleh teknologi ini.

 

Hadirin dan wisudawan/wisudawati yang berbahagia

Apapun yang menjadi tantangan di depan perlu dihadapi,…. perlu difikirkan, dan disusun strategi dengan segenap potensi yang dimiliki …..perkuat dengan inovasi dan kolaborasi.

Pesan moral yang bisa Saya sampaikan pasca Saudara lulus menjadi seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat dan Seorang Bidan wajib memiliki nilai nilai luhur, RESPATI yaitu


R-Responsiveness,

E-Ethical Culture,

S-Spiritual Quotient,

P-Profesional,

A-Ability Improvement,

T-Toughness

I-Initiative


Intinya, jadilah seorang pemimpin untuk pribadi kita, dengan menanam karakter pemimpin yang dipenuhi dengan mentalita (dzikir), intelektualita (fikir) dan perilaku moralita (fi’il) yang dipenuhi unsur goodness, Insyaallah akan memiliki kekuatan kepemimpinan baik secara ruhani maupun secara jasmani, sehingga senantiasa berfikir positif (positive thinking).

 

Pemimpin berbasis religio-humanistik yang akan selalu melandasi tindakannya berdasarkan values, philosophy dan ideology dalam berinteraksi, …..berkomunikasi dan berefleksi terhadap anggota maupun masyarakat.

Perubahan yang ditimbulkan oleh perjalanan revolusi industri 4.0. dan society 5.0. dengan berbagai tuntutan perubahan data, teknologi dan hubungan antar manusia serta masyarakat membutuhkan Seorang cendekia yang tetap komitmen mendahulukan manusia dan masyarakat serta memperlakukan kehidupan manusia yang manusiawi (humanity, humanize human).

 

Hadirin dan wisudawan/wisudawati yang berbahagia

Pada kesempakatan ini izinkan Saya untuk sekaligus menyampaikan capaian tahunan STIKes RESPATI selama tahun 2023 sebagai bentuk akuntabilitas publik Kami kepada masyarakat pengguna baik user, stakeholder, alumni dan para orangtua/ wali.

 

1.  Tata Kelola dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal,

Terakreditasinya STIKes Respati oleh BAN PT dengan peringkat “Baik Sekali” pada tahun 2022  dengan perangkat program studi yang juga terkareditasi “Baik Sekali”, memberikan ruang bagi Kami untuk membangun ondasi bagi pengembangan institusi diantaranya (1) Proses Pembukaan Prodi Baru untuk Sarjana dan Profesi Kebidanan, (2). Tahap Persiapan pengusulan untuk Prodi baru di tahun 2024 yaitu Prodi S1 Psikologi dan di tahun 2025 akan dipercepat untuk pembukaan prodi-prodi NonSTEM yang diikuti dengan perubahan tingkat kelembagaan perguruan tinggi menjadi Universitas Respati Jawa Barat (Mohon Doa restunya) untuk kelancaran dan perwujudannya.

(3) Pada tanggal 03 Mei 2023, telah melaksanakan kegiatan monev pasca akreditasi PS D3 Kebidanan dengan hasil rekomendasi asesor: PS mampu mempertahankan peringkat akreditasinya dan berpeluang untuk menjadi PS terakreditasi Unggul.

2.  Kegiatan Kemahasiswaan,

Memiliki peningkatan jumlah prestasi di bidang kemahasiswaan di tingkat lokal, nasional maupun internasional meliputi: 5 prestasi akademik dan 4 prestasi non akademik,

Hal lain yang membanggakan dari tangan tangan kreatif, para pencinta alam, telah menunjukkan dedikasi dan kerjakeras yang luar biasa serta membanggakan bagi STIKes Respati yaitu program Hibah PPK Ormawa dari Kemenristekdikti telah menyelesaikan project Maha Karya-nya SUTOMAN (Sustainibilitu Tourism Desa Mandalagiri) dalam Pengembangan Wisata Sumberdaya Alam Mandalagiri.

Capaian lainnya pada bidang kemahasiswaan, bahwa pada tahun 2023 jumlah pemberian beasiswa dari pihak eksternal mengalami kenaikan baik jumlah/besaran maupun jenis beasiswa serta STIKes RESPATI sebagai salah satu PTS yang telah memiliki tim satgas PPKS (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual) sebagai media dan fasilitiator

 

3.  Sumber daya manusia,

Terdapat beberapa capaian diantaranya: (1). Jumlah dosen dengan jabatan akademik dosen 15% Asisten Ahli, 69% Lektor, dan 8% Lektor Kepala,.jumlah Dosen tersertifikasi sebanyak 69%; (2). Pengembangan rekognisi dosen yaitu memiliki dosen sebagai 2 (dua) reviewer jurnal internasional, 1 (satu) orang sebagai asesor LAMPTKes (Nasional), 1 (satu) orang sebagai asesor BKD (Nasional), 1 (satu) orang sebagai Tim panel ekspert (Nasional), 5 (lima) orang sebagai Mitra bestari (Nasional) dan 5 (lima) orang sebagai Reviewer program hibah kompetisi; (3). Pengembangan tenaga kependidikan terdapat 2 tendik di tahun 2023 dan Mengikuti rencana pengembangan STIKes Respati saat ini mengalami penambahan SDM sebanyak 7 dosen yang akan dilibatkan pada penyelenggaran prodi baru.

 

4.  Penambahan sarana Prasarana,

untuk mendukung unggulan STIKes RESPATI dilakukan dalam bentuk peremajaan Gedung dan penambahan Gedung dan laboratorium pendukung unggulan STIKes RESPATI, meliputi; (1).Penambahan Ruang Kelas dan Ruang tutorial, (2) Peremajaan 3 (tiga) inkubator Komunitas; Inkubator komunitas KIA (Posyandu Margamulya), Inkubator Kesehatan Reproduksi (Posyandu Remaja di Desa Cikunir), (3). Insyaalllah dalam jangka waktu dekat untuk Penambhan dibentuknya inkubator Pemberdayaan Masyarakat (Desa Mandalagiri) (4). Penyediaan laboratorium di internal PT untuk penguatan Visi Pemberdayaan Masyarakat, (5). Renovasi Graha Bhakti RESPATI, (6) Pembangunan Gedung baru.

 

Produktivitas dosen dalam kegiatan Penelitian dan Pengmas, menghasilkan (1). Hibah kolaboratif Riset dan PkM 3 UKPT (6 untuk kegiatan penelitian dan 2 untuk kegiatan PkM); (2). Kegiatan joint PkM dengan beberapa instansi Puskesmas, RSIA, Dinas Sosial, PT Indofood dan dinkes, Peraih pendanaan hibah Pengabdian kepada Masyarakat Pemula; (3). Luaran Penelitian meliputi; 3 di Jurnal internasional terindeks Q3, 1 di Jurnal internasional, 2 di Seminar internasional, 5 di Jurnal nasional terakkreditasi, 2 di Jurnal nasional; (4). Luaran PkM, meliputi: 4 di Jurnal nasional terakreditasi, 4 di Jurnal nasional.

Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua Ketua Program Studi, para Pembimbing Tugas Akhir, para Penasihat Akademik, para dosen dan tenaga kependidikan atas kerja keras dan kesabarannya. Juga kepada para pemberi beasiswa, yang telah membantu mahasiswa STIKes RESPATI sampai lulus.

Terima kasih dan penghargaan juga saya sampaikan kepada para Alumni, mitra kerja sama, serta masyarakat sekitar kampus yang telah mendukung terlaksananya proses pembelajaran di STIKes RESPATI secara utuh, aman, nyaman dan kondusif.

Terima kasih dan penghargaan yang tinggi secara khusus saya sampaikan kepada Kepala LLDIKTI Wilayah IV, para Pemangku Wilayah, Organisasi Profesi serta Yayasan Pendidikan Respati (Yapenres) atas segala dukungan, nasihat dan pengarahannya, sehingga Visi Misi STIKes RESPATI secara bertahap akan dapat terwujud.

 

Tidak lupa, saya sampaikan pula terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota panitia penyelenggara, para mahasiswa, dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang telah membantu, sehingga seluruh rangkaian acara Sidang Senat Terbuka ini dapat terselenggara dengan tertib, lancar dan khidmat.